Freelance Jobs

Friday, July 30, 2010

Playoff North Honda DBL Mulai 26 Juli

[ Sabtu, 24 Juli 2010 ]

Semua Laga di DBL Arena

SURABAYA - Babak playoff kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda Development Basketball League (DBL) 2010 East Java Series-North Region, tinggal dalam hitungan hari bakal dimulai. Begitu penyisihan grup berakhir pada 25 Juli besok, laga langsung dilanjutkan dengan babak playoff mulai 26 hingga 31 Juli.

Sebanyak 32 tim (16 tim putra dan 16 tim putri) akan bertanding pada babak yang menggunakan sistem gugur tersebut. Tim putra yang lolos ke playoff merupakan juara dari setiap grup. Tim putri diambil dari juara dan runner-up tiap grup.

Pada tahun-tahun sebelumnya, ada jeda beberapa hari antara babak penyisihan grup dan playoff. Namun, tahun ini jadwal dipadatkan. "Kebijakan ini kami buat agar peserta bisa lebih efisien. Nanti seluruh pertandingan playoff diselenggarakan di DBL Arena. Jadi, selain bisa bertanding, peserta akan lebih mudah untuk mengetahui pergerakan lawan di playoff. Kalau diadakan di dua gedung, peserta mungkin akan kesulitan dalam pengamatan," ujar Donny Rahardian, basketball operationals and events manager PT DBL Indonesia.

"Kebijakan ini juga bentuk respons kami atas banyaknya permintaan, baik dari peserta maupun penonton, agar seluruh laga diadakan di DBL Arena," tambah Donny.

Mengenai tidak adanya hari libur pertandingan dari babak penyisihan ke babak playoff, Donny menyebutkan itu bukanlah masalah. "Sebab, kami sudah mengatur jadwal agar tim-tim yang bertanding di hari pertama playoff (26/7) adalah tim yang sudah lolos pada tanggal 23 atau 24. Dengan begitu, mereka tetap punya waktu istirahat yang cukup untuk mempersiapkan playoff," jawabnya.

Jadwal lengkap babak playoff untuk Honda DBL 2010 East Java Series-North Region bisa dibaca di halaman DetEksi Jawa Pos edisi Minggu besok (25/7).

Kini tim-tim yang sudah memastikan masuk playoff sudah bisa mengatur jadwal latihan dan menyusun strategi. Sebab, seluruh laga di babak playoff akan menentukan nasib tim. Di babak ini tim harus berlaga dengan sistem gugur. Sekali saja melewatkan kesempatan dan kalah di playoff, mereka harus pulang dan menunggu kesempatan tahun depan.

Salah satu tim yang sudah bersiap adalah tim putra SMA Santa Maria Surabaya. Juara Honda DBL East Java-North Region tahun lalu tersebut memastikan diri menjadi juara grup A kemarin (23/7). Karena itu, tim tersebut sangat mungkin bertanding pada hari pertama playoff, Senin mendatang (26/7).

Untuk mempersiapkan tim, Meliyana langsung menyusun jadwal latihan anak didiknya. "Rencananya, hari ini dan besok kami manfaatkan untuk latihan intensif," ujar Meliyana Soedjono, pelatih Sanmar (Santa Maria).

Meli -sapaan Meliyana- menambahkan bahwa dirinya dan anak didiknya memiliki setumpuk PR sebelum berlaga di playoff. "Lawan yang kami hadapi tentu lebih kuat daripada lawan-lawan kami sebelumnya di penyisihan. Kami harus memperbaiki kerja sama tim dan kekompakan," kata perempuan berambut pendek tersebut.

Sebagai juara bertahan North Region, Meli tidak ingin mematok harapan yang muluk-muluk. Dia meminta anak didiknya untuk fokus menyelesaikan laga demi laga. "Anak-anak saya arahkan agar bermain step by step. Tidak boleh lengah dan harus bermain bagus. Kemenangan pasti diraih," katanya.

Untuk penyelenggaraan di GOR Pertamina UB Malang (wilayah South), babak playoff baru dilangsungkan pada 29 Juli mendatang. Delapan tim putra dan delapan tim putri yang merupakan juara dari setiap grup akan bertanding dengan sistem gugur, berebut tempat hingga final. (cin/fry)

0 comments: